VCD dan DVD


MEDIA REKAM VCD DAN DVD
VCD (Video Compact Disc) atau MPEG1 atau DAT menggunakan media rekam CD (Compact Disc) biasa sebagai alat atau media untuk memutar kembali/playback.

DVD Video (Digital Versatile Disc Video) atau MPEG2 atau VOB menggunakan media rekam DVD sebagai alat untuk memutar kembali/playback.

Dari pernyataan diatas, disini berarti akan dibahas perbedaan media rekam untuk VCD dan DVD-Video yaitu media rekam CD dan DVD.

Media Rekam VCD dan DVD

      1.  Dilhat dari hal ukuran Track dan Pitch
DVD memiliki ukuran pit lebih kecil dari CD. Pit adalah lubang (galian) kecil atau tekanan yang sedikit di atas permukaan disc yang mengijinkan pickup laser untuk membedakan antara kondisi digital berlogik 0 dan 1. DVD sisi tunggal, lapisan tunggal dapat menyimpan sekitar tujuh kali lebih banyak dari pada CD. Sebagian besar tambahan ini berasal dari pit dan track pada DVD lebih kecil. 


2.      Dilihat dari segi Track space / spasi tiap track
       Jalur  track pada DVD 2,16 kali lebih kecil dan panjang pit minimum, untuk DVD lapisan tunggal adalah 2,08 kali lebih kecil dari pada CD. Fitur spasi track antar pit spiral pada DVD lebih tipis. Dalam susunan demikian DVD player membaca format DVD dengan ukuran pit  lebih kecil dan spasi track lebih tipis, jenis laser yang digunakan berbeda karena menghendaki cahaya dengan berkas yang lebih sempit. Ini merupakan satu dari sebagian besar alasan mengapa CD player tidak dapat membaca DVD, sementara DVD player mampu membaca CD audio).



3.      Dilihat dari kapasitas lapisan pada single side – single layered
DVD-5, merupakan konstruksi yang paling sederhana format ini mampu menyimpan 4,7 GB data digital. Angka 5 dalam DVD-5 signifikan deng`n mendekati kapasitas data 5 GB, sedangkan kapasitas CD hanya 650 MB. Informasi digital ini mendekati dua jam video digital dan audio video, atau 74 menit untuk musik DVD audio resolusi tinggi.

        4.      Dilihat dari Panjang Gelombang Sinar Laser (ƛ)

     VCD dan DVD memakai sinar laser merah untuk pembaca datanya. Bedanya ada di panjang gelombang. Sinar laser merah pada CD panjang gelombangnya adalah 780 nm, sedangkan DVD menggunakan sinar laser merah ber-panjang gelombang 650 nm.
  
5.      Dilihat dari NA/Diafragma atau pengatur lensa Fokus
      Besarnya NA atau Diafragma untuk CD Nilainya 0,45 dan untuk DVD nilainya 0,6. Semakin besar nilainya, semakin kecil titik fokus yang bisa dibuat oleh lensa. Besarnya diafragma mempengaruhi jarak lapisan data dengan mata laser.
       Ketebalan keping adalah 1,2 mm, anggap saja lapisan yang mengkilap adalah lapisan atas dan lapisan yang berlabel adalah lapisan bawah. Pada CD Lapisan data terletak di lapisan bawah sendiri dan bersentuhan langsung dengan lapisan label. Sedangkan lapisan data DVD terletak di tengah-tengah keping, atau 0,6 mm dari lapisan atas

sumber : arielektronika.blogspot.com/.../perbedaan-media-rekam-vcd-dan-dvd..
MACAM - MACAM CD

Komputer sekarang sudah dilengkapi oleh salah satu atau lebih optical drive, seperti cdrom, cdrw, dvdrom, dvd combo, ato dvd rw. Bedanya apa sih?
  1. CD-ROM adalah drive yang hanya diperuntukkan membaca kepingan cd baik cd-rom, cd-audio,cd mp3, vcd, cd-picture, dsb.baik cd berukuran normal 12cl atau cd mini yang berukuran 8cm.
  2. CDRW adalah drive yang memiliki kemampuan membaca kepingan cd dan juga mampu menulis di kepingan cd blank, kerennya burn,
  3. Dvd rom adalah drive yang bisa membaca kepingan cd dan juga mampu membaca kepingan dvd baik berupa dvd-rom, dvd movie, dvd audio,dsb. Tapi hanya bisa membaca saja hampir semua jenis cd dan dvd kecuali dvd ram, yang biasanya membutuhkan drive dvd-rw
  4. Dvd combo adalah drive yang menggabungkan kemampuan dvdrom dan cdrw, terbayang kan kemampuannya?ya drive ini mampu membaca kepingan cd dan dvd dan juga mampu menulis tapi hanya pada cd kosong.
  5. Dvd RW merupakan drive terlengkap yang ada dipasaran sekarang selain mampu membaca semua jenis cd dan dvd dan juga mampu membaca dvd-ram dan juga mampu untuk menulis pada semua jenis kepingan, baik cd kosong, dvd kosong, dan juga dvd ram.
ada beberapa macam dan kapasitasnya, kalau cd biasa ada 2 type CD-R dan CD-RW, CD-R (Compact Disc Recordable) itu hanya bisa di isi data saja sampai kapasitasnya penuh, sedangkan CD-RW (Compact Disc Rewritable) bisa di isi data dan dihapus kembali (seperti faskdisk) kapasitasnya sekitar 700MB.

selain itu ada juga DVD (Digital Video Disc), dan terbagi dua juga DVD-R dan DVD-RW fungsinya sama seperti diatas hanya kapasitasnya yang lebih besar 4.3 GB

selain itu masih ada yang lain Blue Ray Disc (BRD) yang konon bakal menggantikan fungsi CD dan DVD, katanya kapasitas BRD jauh lebih dahsyat bisa 50 GB. Saat ini teknologi Blue Ray sudah diimplementasikan pada Sony Playstation 3, baik untuk pemakaian pada personal computer (PC), disc, maupun player-nya.


Petunjuk Pengoperasian CD/DVD Player

Hay Blogger,Kali ini kami akan mebahas tema tentang pengopdrasian VCD/DVD Player.
Mungkin banyak diantara blogger disini yang sudah bias mengoperasikan karena memang caranya cukup mudah.Namun tidak ada salahnya jika kita membuat prosedurn pengoperasiannya kedalam bentuk tulisan seperti di bawah ini agar lebih formil.Memang Artikel berikut bukan menjadi acuan dalam pengoperasian VCD/DVD player.Tapi,coba kita lihat berikut ini.

Þ            Menghidupkan : Hubungkan steker kabel daya ke sumber tegangan sesuaidengan spesifikasi perangkat. Tekan tombol “POWER” pada panel DVD depan untuk menghidupkan DVD Player dan perangkat siap dioperasikan. Biasanya ditandaidengan tampilnya kata “HELLO” pada layar display ( Tergantung  Merk dan tipe DVD ).

Þ            Standby : Tekan tombol “STAND BY” pada remote control saat DVD Player dalamkondisi hidup, dan karakter “OFF” akan tampil sesaat pada layar displaykemudian “Standby” sebagai indikasi bahwa perangkat dalam kondisistandby. Dengan kondisi ini masih ada arus yang mengalir di dalamperangkat.


Þ            PAL/NTSC : Tekan tombol “P/N” untuk mengubah keluaran video ke PAL,NTSC, AUTO, PAL-PSCAN, NTSC-PSCAN, AUTO-PSCAN
.
Þ            Pengaturan Volume : Volume dapat diatur menggunakan tombol “VOL -/+”pada remote control untuk mengurangi dan menambah volume. Anda perlu menaikkan volume lebih dari kondisi normal dikarenakan DVD direkam tidak seperti acara TV atau pita VHS. Jika anda ingin mematikan sementara volume, tekan tombol “MUTE” pada DVD Player anda jika ingin mengembalikan seperti semula tekan tombol “VOL -/+” pada remote control.



Menghubungkan DVD Player dengan AV Receiver Menghubungkan USB ke DVD Player  






Anda dapat memainkan file berformat JPEG, MP3, MPEG4 dan file-file tertentu yanganda simpan di USB Flashdisk, mp3/mp4 player dengan memasangnya pada portUSB pada panel depan perangkat.
Catatan : Untuk USB Port Tergantung merk dan Tipe DVD player

Memainkan  Disc

Þ    Tekan tombol (open/close) untuk membuka disc tray. Dan masukkan disc yang ingin anda mainkan.

Þ    Tekan tombol (open/close) untuk menutup disc tray. Dan player akanlangsung memainkan disc. Untuk disc DVD akan muncul pada layar symbol DVD akan menyala sedangkan untuk VCD akan muncul pada layar symbolVCD yang menyala, dan untuk CD pada loading track pertama akan langsung dimainkan.


Þ    Untuk menghentikan sementara video yang sedang dimainkan tekan tombol (play/pause) dan jika anda ingin mengembalikan seperti keadaan normal tekan tombol  (play/pause) ini lagi.

Þ    Untuk menghentikan video yang sedang dimainkan tekan tombol “” (stop)sekali maka player akan mengingat posisi terakhir anda, menekan tombol “” (stop) resume. Dilayar muncul ikon “” dan “PRESS PLAY KEY TOCONTINUE”, tekan tombol “” untuk play mulai dari titik saat tombol “”(stop) ditekan. Untuk benar-benar berhenti tekan tombol “” (stop) 2x(Menghilangkan fungsi RESUME).



Memainkan Disc MP3/MPEG4/JPEG
MP4 adalah sistem kompresi data video digital dengan menggunakan standarinternasional MPEG4 dan menggunakan format audio MP3/AC3 atau yang lain.MPEG4 sendiri adalah sistem kompresi data video digital yang dapat menghasilkangambar dengan kualitas yang hampir sama dengan MPEG2 (DVD) dengan ukuranfile yang lebih kecil. Contoh extension yang dipakai adalah “*.avi”. MP3 adalahsistem kompresi data audio digital dengan format MPEG audio layer 3 yangmenghasilkan penyimpanan data 12-14 kali lebih banyak daripada sistemkonvensional dengan kualitas setara CD audio yang mencakup lebih dari 600 menitwaktu play. Sedangkan disc JPDG adalah disc yang berisi kumpulan gambar yangberformat JPEG (Joint Photographic Expert Group).

Tipe  Operasi  Disc MP3/MPEG4/JPEG
Saat memainkan disc MP3/MPEG4/JPEG, ada 3 tipe operasi, yaitu operasi FILELIST,FOLDER dan PLAYLIST. Saat stop tekan tombol “PROG” berulang untuk berpindah kesalah satu operasi tersebut.

Operasi FilelistDigunakan untuk memainkan disc MP3/JPEG secara terus menerus dari awalhin

sumber :  http://agunksatrio.blogspot.com/


Jenis-jenis CD player

Jika kita pernah membeli sebuah CD/DVD blank (kosong) atau pernah menyimpan data (burning) kedalam keping CD/DVD, kita kadang melihat ada beberapa jenis CD/DVD yang berbeda, seperti CD/DVD -R + R atau RW. Apa maksud tanda minus dan plus serta perbedaan masing-masing jenis keping tersebut? Kemudian sebaiknya jenis mana ketika kita ingin menggunakannya ?

Sebelum membahas mengenai jenis-jenis keping DVD atau CD tersebut, berikut ada beberapa istilah umum berkaitan dengan hal ini yang sebaiknya kita pahami dengan baik.

♦ Burning, yaitu proses menyimpan data ke media/keping disk. Disebut burning, karena kita membakar (menulis bit data) lapisan dalam disk dengan sinar laser.
♦ Session, merupakan periode waktu ketika sesuatu terjadi, disini adalah file-file yang ditambahkan di disk dalam sekali operasi
♦ Single Session, Semua file di dalam disk ditambahkan dalam satu kali operasi
♦ Multi Session, beberapa Session ada di dalam disk

Selain itu ada istilah ROM (semisal CD-ROM), merupakan singkatan dari Read Only Memory ( Memori yang hanya dibaca), berarti bahwa informasi yang tersimpan di disk hanya dapat dibaca saja.

Trus apa beda -R +R dan RW ?

Saat in hampir semua CD/DVD writer sudah bisa menulis dan membaca semua jenis format DVD. Hal ini ditandai dengan adanya logo DVD±RW. Sehingga jika ada logo tersebut, harusnya tidak ada masalah ketika kita memilih jenis -R atau +R. Mengenai penjelasan tanda ini sebagai berikut :

♦ R : tanda ‘R’ sendiri merupakan singkatan dari Recordable. Disini disk dapat digunakan untuk menyimpan data dan sebaliknya jika tidak ada tanda R, maka tidak bisa menyimpan.
♦ -R : Tanda Minus baik CD/DVD merupakan single session disk. Artinya kita tidak dapat menambahkan data lain jika sudah di gunakan, meskipun masih ada sisa penyimpanan. Kadang ada media yang bisa melakukan penyimpanan Multi session di disk jenis -R ini, tetapi hasilnya tidak semua media mampu membacanya, kadang hanya session pertama yang terbaca atau tidak ada sama sekali.
♦ +R : Tanda Plus ditujukan untuk Multisession, artinya kita dapat menggunakan space kosong yang masih tersedia di disk. Setiap session baru dapat ditambahkan di session yang sudah ada atau membuat session baru. Sebagai bonus, ketika session baru disimpan, dapat memerintahkan untuk “menghapus” session yang lama. Hapus ini maksudnya memerintahkan media player untuk mengabaikan isi datanya.
♦ RW : merupakan singkatan dari ReWritable, artinya disk ini menggunakan material khusus sehingga datanya dapat dihapus kemudian digunakan untuk menyimpan data baru atau dapat juga di tumpuk dengan data lain. Ada batasan tertentu seberapa banyak (kali) penghapusan data bisa dilakukan.

Selain itu DVD+R mempunyai beberapa kelebihan, seperti misalnya lebih akurat pada kecepatan tinggi dibanding DVD-R, kemudian juga manajemen error yang lebih baik, serta hasil burning (penyimpanan) data mempunyai tingkat kerusakan yang lebih kecil.

Melihat perbedaan diatas, maka DVD+R mempunyai keunggulan dibanding DVD-R, sehingga biasanya harganya pun lebih mahal dan mempunyai beberapa keunggulan. Tetapi karena DVD-R lebih dulu hadir ( 5 tahun ) daripada DVD+R, maka format ini kadang yang sering digunakan (lebih mendukung media player lama).

Tabel kecepatan baca/tulis CD dan DVD

Dalam proses merekam CD tidak seperti mengcopy namun dinamakan membakar CD (burning CD). Untuk bisa merekam ke dalam CD dibutuhkan software pembakar CD (burning tool) seperti Nero, Clone CD, dll
Dalam membakar CD harus diperhatikan kecepatan burning, semakin cepat proses burning semakin sulit dibaca oleh CD-ROM yang mempunyai kecepatan baca dibawah kecepatan saat perekaman. Untuk keperluan back-up dan penyimpanan data disarankan membakar CD antara 8x -24x

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Share it

Template by:
Free Blog Templates